Powered by Blogger.

Pantai

>> Wednesday, September 17, 2014

I Nyoman Manda


Putu…
Kau masih tersenyum
ketika matahari terbenam
Dan cintaku di dadamu
Betapa manis kehidupan ini
Kau kasihku
Di pantai

Putu
Betapa pantai memberikan aku kenangan
Tapi
Aku ingat rumahku yang juga nanti jadi rumahmu
Rumah aku dibesarkan
Dan setiap petang aku menanti ayah pulang
Dan sampan terdampar di pantai
Pasir dimana kau bersimpuh
Kau menangis ketika kukatakan
Rumah pantai ini bukan punyaku lagi
Sudah dibeli orang walupun hatiku melarang
Demi kepentingan yang lebih besar
Aku akan pergi ke tanah seberang
Dan rumahku dipantai dibangun orang
Dan aku tidak akan menunggu ayah pulang
Karena pantai sudah bukan punyaku lagi

Putu
Pantai dan sampan bukan punyaku lagi
Sudah dibeli orang walaupun hatiku melarang
Ingin kukatakan pada semua orang
Pantai ini adalah tanah nenek moyang
Tempat cucu-cucu berkumpul dan sembahyang.

Banjar Teges, Agustus 1973

0 comments:

Post a Comment