Powered by Blogger.

Bagian Dari Dunia

>> Wednesday, October 15, 2014

Sthiraprana Duarsa
     

           Seorang gila
                  atau pengembara
Kabut yang berjatuhan sepanjang jalan
Mendinginkan udara Oktober
Burung-burung membakar sayapnya dalam matahari
Memberikan api dalam tanganku agar tetap menyala

Aku bertanya ke dalam diriku
Seorang gila
        atau pengembara yang putus asa
Padi-padi telah dipanen berulangkali
Sepasang mempelai melukiskan kegembiraannya dalam buah hati
Waktu ke waktu aku mulai mempertanyakan peruntunganku

Mereka pun datang memasuki hutan hidupku
Mereka meletakkan seluruh kegembiraan anak-anak malang
Setumpuk surat kabar dan keputusan moral
Apa yang dapat kukerjakan
Apa yang sesungguhnya terjadi pada diriku
Mereka menyaksikan gigi-gigi waktu mengunyah tubuhku

Pada sebuah lingkaran
     waktu   dan    nasib baik
     beriringan air mata dan senyum
Sampai kutemukan pohon-pohon dalam tubuhku berbuah
Aku masih merasakan hidupku dengan memikirkan diriku sendiri

Dan pada sebuah fikiran sederhana Aku berkata: Aku pun bagian dari mereka



1989


*Sajak ini pernah dimuat di Jurnal Kebudayaan "Cak" Edisi 1/1994

0 comments:

Post a Comment