Powered by Blogger.

Aku dalam Suara

>> Tuesday, October 14, 2014

Ida Bagus Putera Manuaba


I
Aku dalam suara
Tak berupa tak berujud
Kulihat lukisanku
Tak berdinding tak berbingkai
Sketsa alam tenggelam di balik tumpukan mode pakaian
Aku tinggalkan lukisan purba bertuah
Yang didamba generasi
Tangan kiriku raba pena
Tangan kananku elus perut bumi
Aku sering lupa berdiri
Jika terhempas dalam sofa sofa
Aku luruskan kakiku
Di hamparan pasir beratap mentari senja
Kini kuingin memandang telanjang wajahku
Kusaksikan sekujur tubuhku, sekujur jiwaku
  
II
Aku ingin sembunyi dalam terang
Bertedung awan berselimut halilintar
Tanpa dekorasi
Tanpa bercak bercak warna
Yang sering kupakai melukis kehidupan
Tanpa komposisi
Tapi hanya sekadar tumpukan warna
Tanpa bentuk
Tanpa sketsa
Kulepaskan tanganku di terik mentari
Hingga kulitku terkelupas
Merah kehitaman

Surabaya, 1989

0 comments:

Post a Comment